Now Playing

Access - Doubt & Trust [OST D.Grayman]

Made By : Cedrick Kinnison

Selasa, 11 Agustus 2009

Sejarah Cosplay

Sejak tahun 1960-an, di Amerika sudah terkenal dengan perayaan pesta kostum para hero seperti Star Trek, sampai pada kostum-kostum untuk Halloween dan Paskah.
Di jepang sendiri, pada tahun 1970-an, diadakannya peragaan kostum. Dilangsungkan pertama kali pada 1978 di ashinoko, Prefektur Kanagawa dalam bentuk pesta topeng. Lalu, Mari Kotani, saat itu datang dengan memakai kostum tokoh Triton Of the Sea karya Osamu Tezuka. Media massa pun langsung menulis bahwa tokoh Triton of the Sea sebagai cosplay pertama.
Majalah anime di Jepang pun sedikit demi sedikit mulai memuat tentang cosplay. Pertama kali dilakukan secara besar-besaran oleh majalah Fanroad pada bulan Agustus 1980. Di edisi tersebut mengulas tentang Tominoko-zoku. Tominoko-zoku menjadi saingan berat bagi Takenoko-zoku. Memang artikel Tominoko-zoku hanya untuk mencari sensasi, tetapi hal itu membuat muncuknya istilah cosplay sebagai istilah umum bagi penggemar anime.
Sebelum istilah cosplay banyak digunakan oleh media massa elektronik, asisten penyiar Minky Yasu sudah sering melakukan cosplay dengan menjadi Minky Momo saat on air acara mami no RADI-karu communication yang disiarkan Radio ōkai sejak tahun 1984. Selanjutnya, radio tersebut membuat acara kontes cosplay. Dari tahun 1958 sampai 1995.
Pada tahun 1985, hobi cosplay meluas di Jepang karena menjadi sesuatu yang mudah dilakukan. Kegiatan cosplay pun menjadi kegiatan berkelompok sejak 1986. Setelah itupun kamera-kozō pun mulai bermunculan.
hatsune miku cosplay Pictures, Images and Photos
Peace Maker Kurogane Pictures, Images and Photos

0 komentar:

Posting Komentar